Selamat Datang,,, yang mau request lirik lagu silahkan comment

Wednesday, June 6, 2012

Belajar CRM

CRM ( Customer RelationShip Management ) merupakan strategi pemasaran, penjualan dan pelayanan yang terorganisasi. Menurut Bob Thompson (2002), CRM adalah sebuah strategi bisnis untuk membuat dan menopang untuk jangka panjang, hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan. Pada intinya, CRM adalah integrasi dari teknologi dan proses bisnis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam interaksi apa saja.
Menurut Kalakota dan Robinson (2001), Tujuan CRM yaitu:
  1. Menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
  2. Menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan
  3. Mendukung proses penjualan berulang kepada pelanggan
 Ada 3 tahap dalam CRM menurut Kalakota dan Robinson (2001), yaitu :
  1.   Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire).
           Perusahaan dapat mendapatkan pelanggan baru dengan cara :
  • Melakukan inovasi yang baru terhadap produk yang telah ada, sehingga menarik  pelanggan karena ada lebih banyak alternatif pilihan produk. 
  •  Memberikan kenyamanan pada pelanggan dalam membeli produk yang mereka butuh-kan, misalnya dengan ketepatan waktu dalam pengiriman barang pesanan.
2. Meningkatkan Nilai Pelanggan (Enhance)
    Perusahaan dapat meningkatkan nilai pelanggan dengan cara :
            a. Mengurangi biaya yang kurang perlu, dan lebih berfokus pada peningkatan pelayanan pada pelanggan.
            b. Memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan (melalui customer service).
3. Mempertahankan Pelanggan yang telah ada (Retain)
    Perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang telah ada dengan cara :
            a. Menyediakan waktu untuk mendengarkan ke-butuhan pelanggan, termasuk ketidakpuasan pelanggan terhadap produk atau pelayanan kita yang kita manfaatkan untuk menjadi lebih baik lagi
            b. Mengirimkan kartu ucapan selamat atau tanda mata event-event tertentu pada pelanggan setia.